Game Making: Kummara
Monday, 29 August 2016 - 0 comments (+)
Hi!

Proyek tema kami kali ini adalah membuat board game. Hari Kamis lalu, kami kedatangan tamu dari Kummara, komunitas designer game. Tamunya adalah Kak Andre dan Kak Isa. Mereka memberi kami tips-tips dan menjawab pertanyaan kami.

Aku akan cerita apa saja yang aku tangkap dari penjelasan mereka. Aku akan membuat list kata kunci yang menurutku penting, yaitu:

  • tujuan/tema
  • nilai positif
  • referensi
  • prototype
  • test drive

Aku akan jelaskan lebih lanjut tentang poin-poin di atas.

Tema/tujuan yang dimaksud adalah tema gamenya, misalnya dalam proyek kelasku, temanya tentang Jawa. Tujuannya adalah mengedukasikan pemain tentang Jawa.

Nilai positif yang dimaksud adalah moral valuenya, atau pelajarannya. Misalnya monopoly mengajarkan managemen dan bisnis, dll.

Referensi adalah hasil risetnya, misalnya kalau kelasku temanya Jawa tentunya kami akan riset tentang Jawa. Referensinya misalnya wikipedia atau situs-situs tertentu yang bisa membantu kami menciptakan game yang lebih akurat.

Prototype adalah dummy game, seperti alat main asal-asalan yang asal bisa dipakai main saja, nggak perlu yang bagus-bagus. Prototype ini untuk dipakai test-drive, dimainkan secara coba-coba dulu sebelum membuat gamenya yang asli.

Sekian yang aku tangkap dari hari itu. Semoga informatif :)
beningnrn
home
profile
index
instagram
art portfolio
+ follow